jooz

Sabtu, 09 Juni 2012

Pidato


PENGARUH TELEVISI TERHADAP SISWA

Assalamualaikum wr.wb.
Bapak Ibu guru yang saya hormati
Serta teman-teman yang saya sayangi.
Pertama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Swt. Atas segala karunia yang Ia berikan kepada kita sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang penuh berkah ini.
Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul “Pengaruh Televisi Terhadap Siswa”.
Bila kita melihat secara umum pengaruh televisi memang tampak sangat berguna dan bermakna karena media televisi ini merupakan sarana penyimpanan informasi yang paling efektif dan efisien. Banyak hal positif yang dapat diambil dari adanya media televisi ini yakni diantaranya seperti, informasi mengenai berita terkini, ilmu pengetahuan umum, entertainment/hiburan, dan lain sebagainya. Selain dari wawasan dan ilmu pengetahuan yang dapat diperoleh siswa dari media televisi, keakraban antar keluarga akan tercipta sehingga membuat siswa merasa nyaman berada diantara keluarganya. Tetapi selain itu banyak hal-hal negative yang dapat terjadi jika siswa telah terpengaruh oleh televisi, diantaranya dalah malas, mencontoh hal-hal yang tidak baik/negativ seperti cara bergaul, berbicara, berpenampilan, serta pribadinya.
Malas adalah hal yang paling sering terjadi jika seseorang siswa sudah terpengaruh oleh asyiknya menonton televisi sehingga melupakan belajarnya, dan hal ini merupakan hal yang sangat merugikan bagi siswa itu sendiri. Selain malas pengaruh buruk televisi terhadap tingkah laku anak yakni mencontoh hal yang tidak seharusnya dicontoh, seperti kekerasan, cara berpenampilan, bergaul dan gaya – gaya berbicara yang tidak menggunakan bahasa yang baik. Hal ini juga memerlukan kontrol dari orang tua untuk tayangan yang sifatnya dewasa seperti itu. Kesimpulan dari itu semua yaitu bahwa setiap hal yang ada di dunia ini pasti memiliki aturan dan pandangan yang berbeda yakni, baik dan buruk, begitupun dengan media televisi. Maka dari itu peranan orang tua untuk mendidik anak (siswa) sangatlah penting serta kesadaran dari siswa itu sendiri harus tinggi dan bertanggung jawab atas apa yang hendak ia lakukan dengan bimbingan dari guru dan kegiatan-kegiatan positif.
Kiranya hanya ini yang dapat saya sampaikan semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Kurang lebihnya saya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr.wb.



PENGARUH INTERNET TERHADAP REMAJA

Assalamualaikum wr. wb.
Bapak dan Ibu guru yang saya hormati,
serta rekan-rekan yang saya banggakan.
            Pertama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Swt. atas segala karunia yang telah Dia berikan kepada kita, sehingga kita masih diberi kesempatan berkumpul di sini dalam keadaan sehat.
Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan batasan dilihat dari segi positif dan dari segi negatif yang berkaitan dengan “Pengaruh Internet Terhadap Remaja”.
Internet, kata yang tidak asing di telinga setiap orang, terutama para remaja yang senantiasa bergaul dengan mewahnya dunia yang berteknologi, dan praktis.Internet bisa didapatkan di manapun kita berada, dengan adanya internet, akses atau jalan terhadap penyampaian informasi-informasi yang ada di dunia ini dapat diambil dengan mudahnya.
Informasi mengenai apapun dapat kita temukan di jagad internet ini.Internet dengan siswa sangat berhubungan karena siswa tidak luput dengan yang namanya informasi dan ilmu pengetahuan.Internet ini adalah media yang paling efektif dan mudah untuk didapatkan dan diakses oleh siapa saja di manapun.Adanya kebebasan ini dapat terjadi pula penyalahgunaan fasilitas internet sebagai sarana untuk kriminalitas atau asusila, siswa yang baru mengenal internet biasanya menggunakan fasilitas ini untuk mencari hal yang aneh-aneh, seperti gambar-gambar yang tidak senonoh, atau video-video aneh yang bersifat asusila yang dapat mempengaruhi jiwa dan kepribadian dari siswa itu sendiri, sehingga siswa terpengaruh dan mengganggu konsentrasinya terhadap proses pembelajaran di sekolah.
Maka dari itu, alangkah baiknya jika kita bisa dengan bijak menggunakan fasilitas ini dengan sebaik-baiknya dalam hal yang positif demi kemajuan diri dan pribadi kita.
Kiranya hanya ini yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Kurang lebihnya saya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar