jooz

Senin, 22 Oktober 2012

RESENSI BUKU


TUGAS BAHASA INDONESIA
RESENSI BUKU
Mengembangkan Kembali Jati Diri Bangsa
“Peran Penting Karakter dan Hasrat Untuk Berubah”


Di susun oleh :
FERI HIDAYATULLOH (IX)


SMP ISLAM AL-FATH PLANTUNGAN
TAHUN AJARAN 2007/2008


RESENSI BUKU

I.         IDENTITAS BUKU
a.       Judul buku           : Membangun Kembali Jati Diri Bangsa
  “Peran Penting Karakter dan Hasrat Untuk Berubah”
b.      Penulis                  : H. Soemarno Soedarsono
c.       Tahun terbit          : Tahun 2010
d.      Tebal buku           : i-viii + 63 halaman
e.       ISBN                    : 978-979-27-3602-1



II.      TUJUAN BUKU
Tujuan buku ini adalah Sebagai buku paduan di lingkungan masyarakat luas yang telah dilakukan secara konsisten di pusat maupun di daerah dan untuk membangun kembali karakter bangsa dalam mewujudkan Jari diri bangsa.

III.   ISI BUKU
Isi buku ini adalah Membina keteladanan kita khususya dalam lingkungan generasi muda untuk kelak dapat tampil sebagai pemimpin yang berkarakter.
     Akar permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia dengan tidak mengurangi arti pentingnya politik hukum bahkan masalah globalisasi sekalipun, justru terletak pada faktor manusianya. Dalam hal ini manusia Indonesia itu sendiri, ternyata manusia Indonesia tidak bermasalah dengan kecerdasan otaknya tapi, yang menjadi masalah justru pada hati nuraninya dan secara eksplisit berkaitan langsung dengan Jati diri dan karakternya.

IV.   KESIMPULAN
Kesimpulan dari buku ini adalah Tanpa adanya Jati diri bangsa, suatu bangsa akan mudah terombang-ambing dan kehilangan arah dalam era globalisasi yang bergerak cepat dewasa ini.
V.           KELEBIHAN & KEKURANGAN
a.      Kelebihan
Kelebihan buku ini adalah Dapat memberikan pencerahan untuk menambahkan karakter guna membangun Jati diri, karakter untuk menentukan masa depan, karakter kolerasi signifikan dengan pikiran, ucapan, perbuatan, dan kebiasaan. Jika kelima unsur tersebut baik, maka masa depan akan baik juga.
b.      Kecenahan / kekurangan
Kecemahan buku ini adalah Contoh yang di berikan kurang lengkap sehingga pembaca kurang puas dengan contoh-contoh yang diberikan oleh buku itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar