KARYA ILMIAH
“CARA MERAWAT BATERAI PADA SEPEDA MOTOR”
DI SUSUN GUNA MEMENUHI TUGAS IPA
Di Susun Oleh :
FERI HIDAYATULLOH
X TOSM 2
SMK NEGERI 5 KENDAL
2012 / 2013
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat
Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga kami
dapat menyelesaikan penyusunan Karya
Ilmiah yang alhamdulillah tepat pada
waktunya yang berjudul “CARA MERAWAT BATERAI PADA SEPEDA MOTOR” ini dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga Karya
Ilmiah ini dapat dipergunakan sebagai
salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca.
Harapan kami semoga Karya Ilmiah ini dapat membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi Karya Ilmiah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Makalah ini kami akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang kami miliki sangat kurang. Oleh kerena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan Karya Ilmiah ini.
Harapan kami semoga Karya Ilmiah ini dapat membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi Karya Ilmiah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Makalah ini kami akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang kami miliki sangat kurang. Oleh kerena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan Karya Ilmiah ini.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang
telah berperan serta dalam penyusunan Karya Ilmiah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT
senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.
Sukorejo
24 November 2012
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL......................................................................................... i
KATA
PENGANTAR....................................................................................... ii
Daftar
Isi............................................................................................................. iii
BAB 1
PENDAHULUAN............................................................................................. 1
A. Latar
Belakang............................................................................................... 1
B.
Rumusan Masalah.......................................................................................... 1
C. Tujuan
Penelitian............................................................................................ 1
D.
Manfaat Penelitian......................................................................................... 1
BAB II
DASAR
TEORI
A.Pengertian Baterai........................................................................................... 2
a. Batrai Basah............................................................................................... 2
b. Batrai Kering.............................................................................................. 3
B. Cara kerja baterai pada sepeda
motor............................................................ 4
BAB III
DASAR
METODE PENELITIAN
A. Alat
dan bahan............................................................................................... 5
B. Langkah kerja................................................................................................. 5
C. Alokasi dan Waktu......................................................................................... 5
D. Desain gambar Batrai..................................................................................... 6
BAB IV
PEMBAHASAN
Bagian
dari Baterai............................................................................................. 7
BAB V
PENUTUP
Kesimpulan......................................................................................................... 8
Saran................................................................................................................... 8
DAFTAR
PUSTAKA
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Dalam pembuatan karya
ilmiah ini tentunya sangat berguna terutama pada teknik sepeda motor (TOSM).
Dalam teknik sepeda motor, kita pasti akan mengenal tentang Baterai sepeda
motor. Tetapi dalam Karya Ilmiah ini kami akan membahas tentang “Cara Merawat
Baterai Pada Sepeda Motor”.
Di kalangan masyarakat
zaman sekarang ini teknik sepeda motor itu sangat penting pengaruhnya terhadap
masyarakat. Karena pada saat ini hampir semua orang memiliki sepeda motor. Kita
sebagai anak teknik, harus tahu tentang bagian mana dan seperti apa system
Baterai motor itu.
B.
Rumusan Masalah
·
Bagaimana system kerja baterai pada motor ?
·
Apa saja bagian dari Baterai pada motor ?
C.
Tujuan Penelitian
Ø
Untuk mengetahui bagaimana sistem kerja Baterai
pada sepeda motor ?
Ø
Apa saja bagian pada Baterai ?
D.
Manfaat Penelitian
§
Member Informasi
§
Menambah Pengtahuan
§
Agar berguna bagi para pembaca
BAB II
DASAR TEORI
A.
Pengertian Baterai
Baterai atau yang biasa disebut
dengan “ACCU (AKI)” merupakan salah satu komponen pada sepeda motor yang sangat
penting dan sangat dibutuhkan oleh sistem kelistrikan pada sepeda motor.
Baterai berfungsi sebagai sumber arus listrik pada kendaraan, misalnya saja pada saat melakukan starter, baterai berfungsi sebagai penyedia arus pertama saat melakukan starter agar mesin dapat dengan mudah dihidupkan, serta menyuplai arus listrik ke komponen-komponen kelistrikan lainnya.
Baterai berfungsi sebagai sumber arus listrik pada kendaraan, misalnya saja pada saat melakukan starter, baterai berfungsi sebagai penyedia arus pertama saat melakukan starter agar mesin dapat dengan mudah dihidupkan, serta menyuplai arus listrik ke komponen-komponen kelistrikan lainnya.
Pada sepeda motor jenis
baterai/accu yang umumnya digunakan terdiri dari 2 macam:
- Baterai/Accu Basah.
- Baterai/Accu Kering
a. Accu
Basah
Baterai/Accu
basah adalah accu yang paling banyak digunakan pada kendaraan hingga saat ini.
Accu ini berisi air accu(cairan asam belerang / sulfuric acid). Pada accu
basah, terdapat lubang dengan tutup yang dapat dibuka-tutup untuk menambah air
accu. Air accu dapat berkurang saat accu digunakan. Hal ini terjadi karena
reaksi kimia di dalam accu antara air accu dengan sel accu.
Keuntungan
menggunakan accu basah:
- Dapat menggunakan ‘vitamin accu’ berupa tablet yang dijual di toko asesoris atau larutan EDTA, untuk memperpanjang usia pakai accu tersebut. Harga relatif lebih murah dibandingkan jenis aki yang lain.
Kerugian
menggunakan accu basah
- Wajib memeriksa ketinggian air accu secara berkala, jika air accu berada di bawah level LOW, dapat merusak sel accu. Memiliki tingkat Self-Discharge paling besar (0.8-1.0% volume/day)
b. Accu
Kering (Accu MF)
Accu kering/Accu
Maintenence Free merupakan suatu produk accu yang menggunakan desain khusus
sehingga dapat menekan penguapan air accu . Dengan demikian keuntungan dari
accu kering ialah tidak diperlukannya penambahan ulang air aki sehingga
perawatan menjadi lebih mudah akan tetapi biasanya harga accu kering lebih
mahal jika dibandingkan dengan harga accu basah.
B. Cara Kerja Baterai Pada Sepeda Motor
Sistem pengisian adalah sistem
kelistrikan pada kendaraan baik mobil atau sepeda motor untuk mengisi arus
listrik ke dalam aki, atau bisa disebut dengan alat charger di kendaraan.
Selain itu sistem pengisian juga berfungsi untuk menyuplai arus listrik pada
kendaraan saat mesin telah hidup. Jadi sistem pengisian pada kendaraan
sangatlah penting , karena kebutuhan listrik pada kendaraan sangat dibutuhkan
pada mesin dan kebutuhan aksesories kendaraan lainnya. Jika tidak ada suplai
listrik , maka mesin tidak dapat hidup. Dan jika tidak ada suplai listrik pada
kendaraan ,maka lampu , tape , dan aksesories lainnya tak akan dapat menyala.
Sementara seperti telah kita ketahui, bahwa suplai listrik dari aki tidak akan
bertahan lama, karena listrik yang ada pada aki sangat terbatas jumlahnya dan
dapat habis bila tidak di charge, karena itulah sistem pengisian sangat
diperlukan pada kendaraan.
Komponen sistem pengisian pada sepeda motor yaitu :
- Spul pengisian dan magnet : berguna untuk menghasilkan tenaga listrik
- Kiprok : sebagai pengatur tegangan yang dihasilkan
oleh sepul pengisian dan magnet
Magnet pada sepeda motor berputar karena menerima putaran dari crankshaft. Gaya magnet ini akan memotong spul pengisian sehingga menimbulkan arus listrik. Listrik yang dihasilkan ini akan dialirkan ke kiprok untuk diatur tegangannya sebelum dialirkan ke komponen listrik yang membutuhkan. Kelebihan listrik akan dialirkan ke aki untuk mencharge aki.
BAB III
DASAR METODE
PENELITIAN
A.
Alat dan Bahan
Alat yang di gunakan dalam kegiatan adalah :
·
Perangkat kunci
bengkel
B.
Langkah kerja
Dalam melakukan penelitian seperti ini di lakukan
langkah-langkah seperti berikut :
1.
Menyiapkan alat dan
bahan
2.
Melakukan proses
social
3.
Membuat kesimpulan dan
saran
C.
Lokasi dan Waktu
Easy Internet Sukorejo
Tanggal 24 November 2012jam : 12.00 – 14.00 WIB
D.
Desain Gambar Baterai
BAB IV
PEMBAHASAN
Bagian Dari
Baterai
Sudah paham
seluk-beluk aki dan bedanya?. Apalagi fungsi aki tife basah (konvensional), hybrid
dan kering (maintenance free), sama mempunyai strum ke komponen
kelistrikan motor.
Informasi ini sangat penting agar pemilik motor lebih
paham tugas dan fungsi aki, terutama saat melakukan perawatan juga dapat
mengetahui kondisi aki yang baik atau sudah rusak.
Brikut ini bagian-bagiannya:
- Kotak aki : berfungsi sebagai rumah atau wadah dari komponen aki yang terdiri atas cairan aki, pelat positif dan pelat negatif berikut separatornya.
- Tutup aki : Berada di atas, tutup aki berfungsi sebagai penutup lubang pengisian air aki kedalam wadahnya, sehingga tidak tumpah. Di aki kering tentu tidak ada komponen ini, kalaupun ada tidak boleh di buka.
- Lubang ventilasi : Untuk tife konvensional ada di smping atas dan ada selangnya. Berfungsi untuk memisahkan gas Hydrogen dari asam sulfat serta sebagai saluran penguapan air aki, sedang tife MF, gas hydrogen dikondisikan lagi menjadi cairan sehingga tidak dibutuhkan lubang ventilasi.
- Pelat logam : Terdiri dari pelat Positif dan pelat Negatif, untuk pelan Positif dibuat dari Timbal Preoksida (PbO2), Sedangkan pelat Negatif hanya dibuat dari logam timbal (Pb)
- Air aki : Dibuat dari camputan air (H2O) dan asam sulfat (SO4).
- Separator : Berada di antara pelat Positif dan pelat Negatif, separator bertugas untuk memisahkan atau menyekat pelat Positif dan Negatif agar tidak saling bersinggungan yang dapat menimbulkan short alias hubungan arus pendek listrik.
- Sel : merupakan ruangan dalam wadah bentuknya kotak-kotak yang berisi cairan aki, pelat Positif dan Negatif berikut separatornya.
- Terminal aki : Keduanya berada diatas wadah, karena merupakan ujung dari rangkaian pelat-pelat yang nantinya dihubungkan ke beban arus macam lampu dan lainnya, bagian ini terdiri dari terminal Positif dan juga Negatif.
BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Jadi pada baterai ada 2 golongan yaitu Baterai
basah dan Baterai kering.
Pada dasarnya baterai basah dan kering
lebih bagus baterai kering, karena tidak terlalu membahayakan.
B. Saran
Semoga Karya Tulis ini bisa dapat di
kembangkan lagi ketahap yang lebih tinggi dan bisa berguna bagi pembaca.
DAFTAR PUSTAKA
·
Sanusi, ahmad. 1996, CARA MERAWAT BATERAI,
Jakarta : Jaya Wijaya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar